You are currently viewing Bea Cukai Surakarta Bagikan Pengalaman Pembangunan Zona Integritas kepada Rupbasan Kelas I Surakarta

Bea Cukai Surakarta Bagikan Pengalaman Pembangunan Zona Integritas kepada Rupbasan Kelas I Surakarta

Karanganyar, 03 Agustus 2022 – Bea Cukai Surakarta menghadiri undangan sharing session dari Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Kelas I Surakarta (Rupbasan Surakarta) pada Rabu (03/08). Dalam sharing session kali ini Bea Cukai Surakarta diundang menjadi narasumber untuk membagikan pengalaman dalam Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang telah diraih pada tahun 2021.

Kepala Kantor Bea Cukai Surakarta, Budi Santoso beserta tim disambut langsung oleh Kepala Rupbasan Kelas I Surakarta, Ratna Dwi Sari di Aula Bersahaja Rupbasan Kelas I Surakarta.

Dalam sambutannya Ratna menyampaikan bahwa Rupbasan Kelas I Surakarta telah memulai pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi sejak tahun 2020. Walaupun sampai tahun 2021 masih belum berhasil memperoleh predikat tersebut pihaknya tidak berhenti begitu saja. “Ini merupakan komitmen kami dalam rangka mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi, tidak hanya mengejar predikat, namun merupakan kewajiban kita sebagai manusia atau ASN untuk terus menjaga integritas,” ujarnya.

Budi Santoso merespons positif komitmen dari jajaran Rupbasan Kelas I Surakarta. Budi juga mengucapakan terimakasih atas sinergi dan koordinasi yang telah terjalin, utamanya dalam hal penanganan barang sitaan yang diperoleh dari hasil penindakan yang dilakukan Bea Cukai Surakarta.

“Kami merasa tebantu dengan adanya inovasi yang dibuat oleh Rupbasan Surakarta, yaitu SIJEMPOL atau Sistem Jemput Bola. Hal tersebut sangat memudahkan kami saat hendak menitipkan barang hasil penindakan kepada Rupbasan,” ungkap Budi.

Inovasi menurutnya juga menjadi poin penting dalam penilaian menjadi ZI-WBK. Hal tersebut dan strategi lainnya kemudian lebih detail dijelaskan dalam secara bergantian oleh Didiek Kurniawan Wibowo selaku Ketua Tim Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI-WBBM) dan Slamet Widodo, Kepala Seksi Kepatuhan Internal Bea Cukai Surakarta.

Tim Pembangunan Zona Integritas Rupbasan Kelas I Surakarta juga berkesampatan untuk menyampaikan beberapa pertanyaan yang menjadi kendala selama ini dalam mewujudkan Zona Integritas. Dengan demikian diharapkan dapat menambah wawasan dan motivasi kepada pegawai Rupbasan dalam upayanya meraih predikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi.

Tinggalkan Balasan