You are currently viewing Dukung Ajang ASEAN Para Games 2022 di Solo, Bea Cukai Optimalkan Layanan Barang Bawaan Penumpang

Dukung Ajang ASEAN Para Games 2022 di Solo, Bea Cukai Optimalkan Layanan Barang Bawaan Penumpang

Karanganyar, 26 Juli 2022 – Kota Surakarta atau yang biasa dikenal dengan nama Solo terpilih untuk kedua kalinya sebagai tuan rumah ajang perhelatan Pesta Olahraga Difabel se-Asia Tenggara, ASEAN Para Games 2022. Rencananya sebanyak 1.570 kontingen dari sebelas negara (termasuk Indonesia) akan berkumpul di wilayah Solo Raya untuk mengikuti ajang tersebut. Peserta dari negara lain akan datang seacara bertahap melalui Bandara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali. Pada Selasa (26/07) terdapat 7 charter flight dari Myanmar, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, Singapore, Kamboja. Sementara tiga negara lain yakni Brunei Darussalam, Laos dan Timor Leste akan transit terlebih dahulu di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Melalui optimalisasi layanan kepabeanan, Bea Cukai Surakarta turut serta mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut. Kepala Kantor Bea Cukai Surakarta, Budi Santoso, mengatakan dalam pelaksanaan agenda dua tahunan tersebut, Bea Cukai Surakarta memberikan kemudahan pelayanan dokumen kepabeanan bagi kontingen yang ikut serta dalam acara ini.

“Untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan ASEAN Para Games tahun ini, Bea Cukai bersinergi dengan Imigrasi, Karantina, Angkasa Pura, dan instansi terkait lainnya berupaya mengoptimalkan pelaksanaan tugas instansi masing-masing. Bea Cukai sendiri membantu melayani pemasukan dan pengeluaran barang bawaan penumpang yang merupakan atlet dan ofisial, dan memastikan seluruh aturan kepabeanan yang berlaku telah terpenuhi dengan baik,” jelasnya.

Ditemui dalam wawancara saat meninjau persiapan di Bandara Adi Soemarmo (25/06), Gibran Rakabuming Raka selaku Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) sekaligus Walikota Surakarta menyatakan bahwa panitia telah menyiapkan berbagai hal untuk menyambut kedatangan kontingen dari negara peserta.

Hal senada juga diungkapkan oleh General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Yani Ajat Hermawan. Pihaknya telah menyediakan fasilitas pendukung yang akan dilewati oleh atlet dan ofisial dari masing-masing negara khususnya yang menggunakan kursi roda. Pihaknya juga bersinergi dengan Bea Cukai Surakarta untuk menyediakan jalur khusus kursi roda untuk pelaksanaan pemenuhan ketentuan kepabeanan terkait pengawasan barang bawaan penumpang.

Fasilitasi berupa kemudahan prosedural yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai diharapkan dapat mempermudah pelayanan dan pengawasan di bidang kepabeanan dalam mendukung pelaksanaan ajang ASEAN Para Games 2022.

Tinggalkan Balasan