You are currently viewing Terus Dukung Industri Kecil dan Menengah, Bea Cukai Surakarta Fasilitasi Produsen Sepeda Listrik di Klaten

Terus Dukung Industri Kecil dan Menengah, Bea Cukai Surakarta Fasilitasi Produsen Sepeda Listrik di Klaten

Karanganyar, 21 Juli 2022 – Bea Cukai Surakarta kembali memberikan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) kepada pelaku industri kecil dan menengah. Kali ini fasilitas KITE IKM diberikan kepada PT. Fantom Gowest Indonesia produsen sepeda yang memiliki pabrik di Klaten. Pemberian fasilitas secara simbolis diberikan oleh Budi Santoso selaku Kepala Kantor Bea Cukai Surakarta, Kamis (21/07).

Pemberian fasilitas ini berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Bea Cukai Surakarta Nomor 03/KBC.1003/2022 Tanggal 20 Juli 2022. Fasilitas KITE IKM merupakan fasilitas kemudahan pembebasan bea masuk, PPN serta PPnBM terutang tidak dipungut, termasuk bahan pengemas maupun mesin untuk keperluan pengolahan barang yang akan diekspor untuk penyerahan produksi industri kecil menengah.

“Dengan diberikannya fasilitas ini, biaya produksi atas barang jadi yang diekspor dapat ditekan biayanya menjadi lebih rendah sehingga hasil produksi akan lebih kompetitif di pasar global”, ungkap Budi.

Pada kesempatan ini pula, Wiwik Trisnawati selaku Direktur PT Fantom Gowest Indo memberikan paparan secara garis besar terkait proses kegiatan yang akan dilakukan perusahaan mulai dari barang-barang yang akan di pesan dari China dan Indonesia sampai dengan menghasilkan Barang jadi serta negara tujuan ekspor hasil produksi tersebut adalah ke Eropa.

Wiwik juga memperlihatkan ruangan mulai dari tempat penyimpanan bahan baku sampai ketempat proses produksi dilakukan sehingga menghasilkan barang jadi berupa Sepeda dengan menggunakan motor listrik.

Sebagai instansi pemerintah yang memiliki tugas dan fungsi sebagai industrial assistance, Bea Cukai terus berupaya mendukung para pelaku usaha untuk bisa memanfaatkan fasilitas yang ada untuk meningkatkan ekspor nasional, mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri, serta untuk meningkatkan investasi.

Tinggalkan Balasan